Senin, 17 Januari 2011

KLIK! (Mencari Ide)


 Mencari Ide bisa jadi kegiatan paling menyebalkan atau malah menyenangkan. Menyebalkan jika dah cari jungkir balik, pi belom dapat juga. Menyenangkan jika baru saja imajinasi mengembara, ide langsung dapet, apalagi idenya cemerlang.

Mencari ide itu gampang-gampang susah, ya Mbak?

Ya begitulah.

Sebetulnya ada cara buat cari ide nggak?

Yang pasti harus meng-optimalkan seluruh indra kita.

Kalo secara teori ada nggak?

Saya belom pernah baca, tapi paling tidak ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mencari ide.

Apaan tuh?

Cara pasif dan cara aktif.

Jelasin dong.

Cara pastif biasanya dilakukan penulis yang sudah terbiasa menulis dan sudah banyak tulisannya. Dia cukup melakukan ritualnya untuk mematik idenya saja, sudah pasti dapat ide.

Ritual ini misalnya dengerin musik kesukaannya sambil minum teh, coklat, atau Ngopi hangat dan duduk di depan laptop. Pasti ada saja ide yg lewat di kepalanya.
Ada juga ritual mencari ide di Warkop (warung kopi), ini yang menurut saya paling limayan efektif. Sebab sambil nyantai minum kopi, ide-ide berkeliaran dimana-mana. terus bagaimana Anda menangkapnya.

Ada juga yang hanya duduk di cafe sambil liatin orang-orang jalan, liatin suasana, liatin sekeliling, ide-ide mengalir deras. Makanya, selalu bawa laptop ke mana-mana.

Kalau cara aktif?

Ya menyengaja mencari ide dengan mengoptimalkan seluruh indra kita. Misalnya dengan cara membaca, liat film, ngobrol, jalan ke mall, jalan ke gunung, jalan ke pantai, dan sebagainya.

Cara seperti itu sangat efektif, dan dijamin, sekali jalan, banyak ide yang didapat.

Ada cara lain?

Mmm … bisa mengutip ide dari tokoh yang kita bayangkan, bisa mengutip ide dari setting yang kita rencanakan, bisa juga mengolah ide dari ending cerita yang kita temukan. Dari unsur-unsur dalam cerita ini saja sudah banyak ide yang bisa kita dapatkan, lho.

Iya juga ya.

Iya, jadi, tidak ada alasan lagi kan, untuk merasa kesulitan mencari ide.

Ayo mulailah Go-Go.... Perkosa ide-ide, yang berkeliaran di sekitar anda.
Oke...
SELAMAT MENCOBA!!

(Sumber: Penaruncing.co.cc)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar