Selasa, 12 April 2011

PUISI PENYAIR


Saya punya puisi
Puisi itu saya tulis 
karena saya ingin menulis puisi
Tapi saya bingung puisi ini 
puisi tentang apa
Puisinya ditulis di kertas 
dalam buku puisi milik saya
Tapi saya heran kenapa puisi ini 
tidak seperti puisi-puisi yang lain
Meskipun puisi ini berada di tempat yang sama 
dengan puisi-puisi saya
Tapi tetap saja rasanya ada yang beda dengan puisi satu ini
Terlebih jika saya baca ulang kata-kata dalam puisinya
Banyak kata tertulis dalam puisi
Tapi tak satu pun kata yang berkata bahwa ini puisi
Puisi ini sungguh tak seperti biasanya
Biasanya puisi 
selalu tampak seperti puisi
Namun kali ini puisi yang saya tulis 
bukanlah puisi
Lantas puisi apa? 
Apa ini lantas bisa jadi puisi?
yang pasti hanya penulis puisi ini saja yang tau 
makna puisinya.
Siapa yang menulis puisi? 
Siapa saja yang mengganggap pernah menulis puisi.
Semua orang boleh bilang bahwa ia penulis puisi.
Banyak penulis puisi, 
tapi sesungguhnya ia hanya penulis.
Yang benar-benar "menulis" puisi ini adalah Saya.
Saya bukan penulis puisi, tapi saya Penyair Puisi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar